Sunday, August 21, 2016

60 Kapal Pencuri Ikan Di Tenggelamkan Oleh Menteri Susi di HUT RI 71

Agen-Poker-Domino-Ceme-dan-Blackjack-Nomor-Satu-di-Indonesia-SALAMPOKER.COM


Koransalam - Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti menenggelamkan kapal pencuri ikan memang kerap menjadi sorotan. Bahkan pada peringatan HUT RI, 17 Agustus lalu KKP bersama TNI AL, Polri, Bakamla dan Kejaksaan Agung menenggelamkan 60 kapal pelaku illegal fishing.

Meski begitu, Susi enggan menyebutkan asal negara dari kapal pencuri ikan tersebut. Hal itu mengacu pada perjanjian Indonesia dengan sejumlah negara tetangga. Penenggelaman sejumlah kapal itu dilakukan dengan cara membuka keran laut atau membocorkan dinding kapal. Langkah itu membuat kapal yang tenggelam bisa menjadi terumbu karang buatan (artificial reef) yang bermanfaat untuk ekosistem di tempat yang telah ditentukan.

Sebelum penenggelaman, KKP juga telah bekoordinasi dengan instansi terkait dan melakukan survei. Hal itu dilakukan untuk mematikan lokasi yang dipilih aman dari alur pelayaran dan di luar kawasan konservasi perairan. 

Baru-baru ini di internet beredar foto-foto kapal yang telah ditenggelamkan tersebut. Tampak sejumlah kapal sudah tenggelam sebagian bahkan hampir seluruhnya. Sementara itu, sejak kebijakan ini diterapkan sudah ratusan kapal yang diproses. Mulai 2014 hingga kini tercatat ada 236 kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan. 




No comments:

Post a Comment